Jumat, 02 Desember 2011

Format Penulisan Hibah Bersaing


HALAMAN PENGESAHAN
USUL PENELITIAN HIBAH BERSAING
Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Matematika Berbasis Web  .........................................................
 

2. Ketua peneliti
2.1 Data pribadi
a. Nama Lengkap         :
b. Jenis Kelamin          :
c. NIP/Golongan           : 3b
d. Jab.Fungsional        : Asisten Ahli
e. Fakultas/Jurusan     : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
f.  Bidang Ilmu              : Pendidikan Matematika
g. Alamat Kantor           : Jl.Karimata No.49 Jember
h.Telpn/Faks/E-mail    : (0331) 336728/(033)
i.  Alamat Rumah         :
j.  Telepon/Faks            :
2.2 Mata Kuliah Yang diampu dan Jumlah SKS
a. Mata Kuliah               : Teori Himpunan
b. Mata Kuliah               : Aljabar Linear
c. Mata Kuliah               : Matematika Diskrit
d. Mata Kuliah               : Statistik
 2.3 Penelitian Terakhir
a.                                                   Judul Peneliti I        : Pengembangan CD Pembelajaran Matematika menggunakan Adobe Flash
b.                                                   Judul Peneliti III      :
3. Lokasi Penelitian : Kabupaten Jember
4. Jangka Waktu Penelitian :
5. Pembiayan : Biaya yang diajukan kedikti
a. Biaya tahun Ke-1 Rp. 49.820.000,-
b. Biaya tahun Ke-2 Rp. 49.820.000,-

Mengetahui
Dekan Fakultas


Henri Fatkurrochman, SS, M.Hum.
NIP . 19730221 200501 1 003

Jember, 20 Mei 2011
Ketua Peneliti



Chirstine Wulandari, S.Pd, M.Pd
NPK . 08 04 484


Menyetujui
Ketua Lembaga Penelitian



Dr.Ir.Teguh Santosa, MP
NIP.196601061993031013








I. Identitas Penelitian
1. Judul Penelitian :   Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran
                                      Matematika Berbasis Web Menggunakan Moodle dan
Hot Potatoes di SMP N 1 Panti Jember
2. Ketua Peneliti :
a. Nama Lengkap           :
b. Bidang Keahlian        : Pendidikan Matematika
c. Jabatan Struktural      : Dosen         
d. Jabatan Fungsioanal            : Asisten Ahli
e. Unit Kerja                     : Universitas Muhammdiyah Jember
f.  Alamat Surat               : Jll.Karimata No.49 Jember (68121)
g. Telepon/Fax/HP         :
h.E-Mail                           : alfanani_ok@yahoo.co.id

3. Anggota :
Tim Peneliti :

No.
Nama dan Gelar Akademik
Bidang Keahlian
Instansi
Alokasi Waktu
(Jam/Minggu)
1.
Christine Wulandari, S.Pd. M.Pd
Pend. Matematika
FKIP
20
2.
Rohmad Wahid R,S.Pd
Pend. Matematika
FKIP
15
3.
Lutfi Ali Muharom, S.Si
Jaringan Komputer
F.Teknik
10

4. Objek Penelitian :
Objek Penelitian ini yaitu adalah membangun sekolah SMP N1 Panti dengan mengadakan pengembangan media evaluasi pembelajaran matematika berbasis web mengunakan Moodle dan HotPotatoes.

5. Masa Pelakasanaan Penelitian :
·    Mulai                 : 1 Januari  2011
·    Berakhir           : 15 Desember 2012

6. Anggaran yang diusulkan
·    Tahun pertama : Rp 49.625.000,-
·    Tahun Kedua : Rp 49.625.000,-
·    Anggaran Keseluruhan : Rp 99.250.000,-


7. Lokasi Penelitian :
Sekolah SMP N 1 Panti Jember, Jawa Timur

8. Temuan yang ditargetkan tahun ke-1 adalah :
mengadakan pengembangan media evaluasi pembelajaran matematika berbasis web dikarenakan belum adanya media evaluasi pembelajaran berbasis web di sekolah tersebut.
9. Hasil yang ditargetkan tahun ke-2 yaitu:
keberhasilan dalam menerapkan media evaluasi pembelajaran matematika berbasis web di sekolah SMP N 1 Panti

10. Wahana Desiminasi :Sukamdinata, N.S, Metode Penelitian Pendidikan. 2008. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Metode penelitian ini adalah expositori,
Jenis penelitian pengembangan menurut Gall dan Brog.

11. Institusi yang terlibat dan peran yang diharapkan
      Sekolah :
1.    SMP N 1 Panti Jember
2.    Universitas Muhammadiyah Jember

 12. Keterangan Lain yang dianggap perlu:
Salah satu pesatnya teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan yaitu Learning Management System (LMS). L

12. Kontribusi Penelitian
Gabungan software Moodle dan Hot Potatoes dapat membangun sistem ujian online yang relatif lebih nyaman dari p

II. Substansi Penelitian
ABSTRAK
..................................
BAB I. PENDHULUAN

1.1 Latar Belakang
Matematika memegang peranan yang penting dalam kehidupan manusia. Banyak yang telah disumbangkan matematika bagi perkembangan peradaban manusia. Kemajuan teknologi yang begitu pesat dewasa ini tidak lepas dari peranan matematika. Matematika adalah landasan utama  teknologi. Menguasai matematika merupakan salah satu jalan utama menuju tumbuh berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi di negeri ini (Sriyanto, 2008).
Pesatnya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) serta meluasnya perkembangan infrastruktur informasi global telah mengubah pola dan berbagai cara kegiatan bisnis, industri, perdagangan, pendidikan dan pemerintahan. Dalam dunia pendidikan di tuntut harus ikut andil dalam mengembangkan teknologi informasi dan komonikasi. Kemampuan untuk terlibat secara efektif dalam revolusi jaringan teknologi informasi akan menentukan masa depan pendidikan bangsa ini. Salah satu sektor yang menggunakan sistem TIK dalam pendidikan yaitu pembelajaran jarak jauh secara online atau e-learning (Setyaningsih, 2007).

1.2 Tujuan Khusus
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah menghasilkan media evaluasi pembelajaran matematika berbasis-Web yang efisien, efektif dan interaktif untuk membantu guru mempermudah mengevaluasi hasil belajar siswa dengan memanfaatkan Hot Potatoes untuk membuat kuis di Moodle sebagai media evaluasi pembelajaran matematika berbasis-Web.

1.3 Urgensi Penelitian
            Ada 2 hal yang menjadi urgensi penelitian, yaitu :
1. Belum adanya ujan online disekolah berbasis web.
2. Laboraturim komputer belum maksimal di manfaatkan.
3. Penting diterapkan ujian online karena sekolah sudah bertaraf Nasional.
BAB II. STUDI PUSTAKA/HASIL YANG SUDAH DICAPAI DAN KAJIAN
PENDAHULUAN YANG SUDAH DILAKSANAKAN

2.1 Hot Potatoes
Menurut Subari (2008) Hot Potatoes merupakan tool untuk membuat bank soal. Program

2.3 Media Pembelajaran Matematika
Kata media berasal dari bahasa latin medius yang secara harfiah berarti tengah, perantara, atau pengantar. Namun pengertian media dalam proses pembelajaran

2.4 Kriteria  Media Pembelajaran Matematika
Menurut Sukmadinata (2008:171) ada beberapa kriteria yang harus dipertimbangkan dalam

2.5  Sofware Yang Diperlukan

2.6 Kerangka konseptual
Untuk mencapai tujuan khusus, maka dalam penelitian ini diperlukan rancangan penelitian dalam bentuk diagram alir (flowchart). Flowchart adalah bagan-bagan yang mempunyai arus yang menggambarkan langkah-langkah penyelesaian suatu masa

TAHUN PERTAMA
PROSES PENGEMBANGAN MEDIA EVALUASI
PEMBELAJARAN BERBASIS WEB


TAHUN KEDUA
UJI KETERANDALAN MEDIA EVALUASI
PEMBELAJARAN MATEMATKA BERBASIS WEB


BAB III. METODE PENELITIAN
3.1 Rancangan Penelitian
Rancangan penelitian merupakan uraian tentang langkah-langkah yang ditempuh dalam pene

3.2 Tempat Penelitian
Tempat penelitian dilakukan di Laboratorium Komputer ............................................ Pemilihan didasarkan atas tersedianya sarana dan prasarana yang memenuhi dalam ujicoba media evaluasi berbasis-Web.
3.3 Metode Pengumpulan Data 
Metode pengumpulan data yang tepat merupakan salah satu syarat kesempurnaan p

3.3.1 Studi Litertur (Pustaka)
Studi ini ditunjukkan untuk menemukan konsep-konsep atau landasan-landasan teoritis yang memperkuat suatu produk. Produk yang berbentuk program,

3.3.2 Metode Wawancara (interview)
            Metode ini merupakan cara pengumpulan data yang dilakukan dalam pertemuan
 hasil desain media evaluasi pembelajaran matematika berbasis-Web.

3.3.3 Metode Angket 
Penelitian ini menggunakan metode angket sebagai metode yang dipilih untuk mengumpul
3.4 Analisis Data
            Analisis data merupakan kegiatan terakhir dalam penelitian. Adapun analisis yang digunakan dalam peneletian ini adalah kuantitatif. Analisis data dilakukan dari hasil observasi
BAB IV. PEMBIAYAAN
Total biaya yang diperlukan dalam pelaksanaan penelitian selama ........ tahun (2011-2012) ini adalah Rp 99.250000,- (sembilan puluh sembilan juta dua ratus lima puluh ribu rupiah) dengan rincian sebagai berikut :
No.
Rincian pengeluaran uang
Jumlah pengelauran
Tahun I (Rp)
Jumlah pengeluaran
Tahun II (Rp)
1.
2.
3.
4.
5.
6.
Gaji dan upah
Bahan habis pakai :
-ATK
-Penunjang penelitian
Perjalanan Dinas
Pengeluaran lain-lain
14.980.000,-

4.975.000,-
17.500.000,-
4.875.000,-
6.915.000,-
14.980.000,-

4.975.000,-
17.500.000,-
4.875.000,-
6.915.000,-
Jumlah total
49.625.000,-
49.625.000,-
Jumlah pengeluaran seleme
2 tahun
= Rp 99.250.000,-

Keterangan : Pertimbangan alokasi biaya tahun ke-1 tertera dalam Lampiran 1
DAFTAR PUSTAKA

Justifikasi anggaran penelitian
Tahun 1 (januari 2011 – Desember 2011)
1). Gaji dan Upah :
Tim Peneliti
Orang
Minggu / Bulan
Bulan kerja
Jam / Minggu
Tarif per jam
Total Rupiah
Ketua
Anggota 1
Anggota 2
1
1
1
4
4
4
10
10
10
10
10
10
Rp 17.300
Rp 12.800
Rp   7.350
6.920.000
5.120.000
2.940.000
Sub Total



14.980.000
2). Bahan habis pakai :
a). ATK
Kertas Continus From 10 box         @ Rp 187.500,-            = Rp 1.875.000,-
Kertas HVS 10 rim                            @ Rp 31.250,-              = Rp 312.500
Kertas Duplikator 10 rim                  @ Rp 18.750,-              = Rp 187.500,-
Transparan sheet 10 dos                 @ Rp 62.500,-              = Rp 625.000,-
Tinta Printer Canon 10 buah          @ Rp 25.000,-              = Rp 250.000,-
Disket 6 box                                        @ Rp 93.000,-              = Rp 562.500,-
Spidol Transparan 6 set                   @ Rp 31.250,-              = Rp 187.500,-
Bollpoint 40 buah                              @ Rp 3.750,-                 = Rp 150.000,-
Ordner 10 buah                                 @ Rp 15.000,-              = Rp 150.000,-
Film slide dan proses 10 rol            @ Rp 10.000,-              = Rp 100.000,-
Instrumen dan rekaman 50x           @ Rp 15.000,-              = Rp 750.000,-
                                                                                                      = Rp 5.150.000,-
b).Penunjang Penelitian
Persiapan dan pengembangan software dan Hadware
XAMPP 1.7.1, Moodle, Hot Potatoes         = Rp 500.000,-
Server                                                              = Rp 11.800.000,-
Hardisk                                                            = Rp 800.000,-
RAM                                                                = Rp 500.000,-
LAN 50m                                                        = Rp 800.000,-
Jaringan Hot Spot                                         = Rp 1.000.000,-
Uji Laboratorium                                           = Rp 1.000.000,-
                                                                                                     = Rp 20.900.000,-

3. Perjalanan Dinas (Universitas ke Sekolah SMP N 1 Panti)
1. Pengurusan Ijin = Rp 500.000,-
2. Transpot pengumpulan data 5 x orang = Rp 1.000.000,-
                                                                                                     = Rp 1.500.000,-

4. Pengeluaran lain-lain :
a) Seminar/lokakarya
lokakarya penyusunan instrumen :
-Biaya pelaksanaan                                                                 = Rp 625.000,-
-Penyiapan Materi =                                                                = Rp 500.000,-
Curah pendapat dan FGD                                                     
-Nara sumber 3 x Rp 500.000,-                                              = Rp 1.500.000,-
-Transport peserta                                                                    = Rp 562.500,-
-Konsumsi 70 x Rp 5.000,-                                                     = Rp 437.500,-
Analisis dan Penyusunan laporan                                      
-Coding dan editing                                                                 = Rp 425.000,-
-Analisis data lapangan                                                          = Rp 550.000,-
-Operasional Penyusunan laporan                                      = Rp 512.000,-
b) Foto Copy dan bahan pustaka
Buku bahan pustaka                                                               = Rp 262.500,-
Foto copy pustaka                                                                    = Rp 265.000,-
Internet (rental)                                                                         = Rp 150.000,-
c) Penggadaan laporan
Copy laporan 10 x 200 lb x Rp 100,-                                     = Rp 250.000,-
Penjilitan 10 x Rp 8.000,-                                                       = Rp 100.000,-
Pelaporan                                                                                  = Rp 200.000,-
Publikasi                                                                                    = Rp 400.000,-
  Jumlah                                                                                     = Rp 7.290.000,-




Total Jumlah Dana Yang di Butuhkan Tahun Pertama           =Rp 49.820.000,-


Lampiran 2. Biografi/Daftar Riwayat hidup Peneliti

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

Penelti I
1.    Nama Lengkap        : Christine Wulandari, S.Pd. M.Pd
2.    Jenis Kelamin          : Perempuan
3.    NIP/Golongan          : 3b
4.    Jab.Fungsional        : Asisten Ahli
5.    Fakultas/Jurusan     : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
6.    Bidang Ilmu              : Pendidikan Matematika
7.    Kedudukan dlm TIM: Peneliti I
8.    Alamat Kantor          : Jl.Karimata No.49 Jember
9.    Telpn/Faks/E-mail   : (0331) 336728/(033)
10. Alamat Rumah         :Perum.Bukit Permai Blok E-20 Jember
11. Telepon/Faks            : 081234549445
12. Email                          : alfanani_ok@yahoo.co.id

Pengalaman Penelitian (5 tahn terakhir) yang berkaitan judul peneliti
2009.Pengembangan CD Pembelajaran Matematika menggunakan Adob Flash 8 di SMP N 1 Tanggul Pada Pokok Bahasan Aritmatika.
2009.Pembelajaran kooperatif tipe CTL untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa SMK Islam Bustanul Ulum Mayang Jember



Ttd


Christine Wulandari, S.Pd,M.Pd



Penelti II
1.    Nama Lengkap        : Rohmad Wahid R, S.Pd.
2.    Jenis Kelamin          : Laki-laki
3.    NIP/Golongan          : 3a
4.    Jab.Fungsional        : Asisten Ahli
5.    Fakultas/Jurusan     : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
6.    Bidang Ilmu              : Pendidikan Matematika
7.    Kedudukan dlm TIM: Peneliti II
8.    Alamat Kantor          : Jl.Karimata No.49 Jember
9.    Telpn/Faks/E-mail   : (0331) 336728/(033)
10. Alamat Rumah         :Perum.Bumi Mangli CB-17 Jember
11. Telepon/Faks            : 085330718610
12. Email                          : okeandrik@yahoo.com
Pengalaman Penelitian (5 tahn terakhir) yang berkaitan judul peneliti
2009.Pemanfaatan Hot Potatoes Untuk Membuat Kuis Di Moodle Sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Matematika Berbasis Web Pada Pokok Bahasan Peluang Di Sma N 1 Tapen Bondowoso
2009.Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis TIK menggunakan Adobe  Flash CS3 Pokok Bahasan Lingkaran di SMP N1 Panti


Ttd


Rohmad Wahid R, S.Pd






Penelti III
1.    Nama Lengkap        : Lutfi Ali Muharom     
2.    Jenis Kelamin          : Laki-laki
3.    NIP/Golongan          : 3a
4.    Jab.Fungsional        : Asisten Ahli
5.    Fakultas/Jurusan     : Fakultas Teknik
6.    Bidang Ilmu              : Matematika, Pemograman Terstruktur
7.    Kedudukan dlm TIM: Peneliti III
8.    Alamat Kantor          : Jl.Karimata No.49 Jember
9.    Telpn/Faks/E-mail   : (0331) 336728/(033)
10. Alamat Rumah         : Perum. Galeri D-2 Pakusari, Jember
11. Telepon/Faks            : 081 357 144 055
12. Email                          : Lutfi.m35@gmail.com

2009.Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Berbasis Web Menggunakan Dokeos di MAN 1 Jember
2009. Pemanfaatan Microtic Untuk Mendeteksi Jaringan Komputer (LAN) di Laboratorium Teknik Universitas Muhammadiyah Jember 


Ttd


Lutfi Ali Muharom,S.Si     











BIDANG ILMU PENDIDIKAN MATEMATIKA
 



USUL PENELITIAN
HIBAH BERSAING


PENG.....................................................


Oleh:
Christine Wulandari, S.Pd, M.Pd
Rohmad Wahid. R, S.Pd.
Lutfi Ali Muharom, S.Si      


FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER
MEI 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tulis pesan Disini