Jumat, 02 Desember 2011

Hibah Bersaing sukses


HALAMAN PENGESAHAN
USUL PENELITIAN HIBAH BERSAING
Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran Matematika Berbasis Web  Menggunakan Moodle Dan Hot Potatoes Di Smp N 1 Panti
 

2. Ketua peneliti
2.1 Data pribadi
a. Nama Lengkap         : Christine Wulandari, S.Pd. M.Pd
b. Jenis Kelamin          : Perempuan
c. NIP/Golongan           : 3b
d. Jab.Fungsional        : Asisten Ahli
e. Fakultas/Jurusan     : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
f.  Bidang Ilmu              : Pendidikan Matematika
g. Alamat Kantor           : Jl.Karimata No.49 Jember
h.Telpn/Faks/E-mail    : (0331) 336728/(033)
i.  Alamat Rumah         :Perum.Bukit Permai Blok E-20 Jember
j.  Telepon/Faks            : 081234549445
2.2 Mata Kuliah Yang diampu dan Jumlah SKS
a. Mata Kuliah               : Teori Himpunan
b. Mata Kuliah               : Aljabar Linear
c. Mata Kuliah               : Matematika Diskrit
d. Mata Kuliah               : Statistik
 2.3 Penelitian Terakhir
a.                                                   Judul Peneliti I        : Pengembangan CD Pembelajaran Matematika menggunakan Adob Flash 8 di SMP N 1 Tanggul Pada Pokok Bahasan Aritmatika.
b.                                                   Judul Peneliti III      : Pembelajaran kooperatif tipe CTL untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa SMK Islam Bustanul Ulum Mayang Jember
3. Lokasi Penelitian : Kabupaten Jember
4. Jangka Waktu Penelitian : 2 tahun
5. Pembiayan : Biaya yang diajukan kedikti
a. Biaya tahun Ke-1 Rp. 49.820.000,-
b. Biaya tahun Ke-2 Rp. 49.820.000,-

Mengetahui
Dekan Fakultas


Henri Fatkurrochman, SS, M.Hum.
NIP . 19730221 200501 1 003

Jember, 20 Mei 2011
Ketua Peneliti



Chirstine Wulandari, S.Pd, M.Pd
NPK . 08 04 484


Menyetujui
Ketua Lembaga Penelitian



Dr.Ir.Teguh Santosa, MP
NIP.196601061993031013






I. Identitas Penelitian
1. Judul Penelitian :   Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran
                                      Matematika Berbasis Web Menggunakan Moodle dan
Hot Potatoes di SMP N 1 Panti Jember
2. Ketua Peneliti :
a. Nama Lengkap           : Christine Wulandari, S.Pd. M.Pd
b. Bidang Keahlian        : Pendidikan Matematika
c. Jabatan Struktural      : Dosen         
d. Jabatan Fungsioanal            : Asisten Ahli
e. Unit Kerja                     : Universitas Muhammdiyah Jember
f.  Alamat Surat               : Jll.Karimata No.49 Jember (68121)
g. Telepon/Fax/HP         : 081234549445
h.E-Mail                           : alfanani_ok@yahoo.co.id

3. Anggota :
Tim Peneliti :

No.
Nama dan Gelar Akademik
Bidang Keahlian
Instansi
Alokasi Waktu
(Jam/Minggu)
1.
Christine Wulandari, S.Pd. M.Pd
Pend. Matematika
FKIP
20
2.
Rohmad Wahid R,S.Pd
Pend. Matematika
FKIP
15
3.
Lutfi Ali Muharom, S.Si
Jaringan Komputer
F.Teknik
10

4. Objek Penelitian :
Objek Penelitian ini yaitu adalah membangun sekolah SMP N1 Panti dengan mengadakan pengembangan media evaluasi pembelajaran matematika berbasis web mengunakan Moodle dan HotPotatoes.

5. Masa Pelakasanaan Penelitian :
·    Mulai                 : 1 Januari  2011
·    Berakhir           : 15 Desember 2012

6. Anggaran yang diusulkan
·    Tahun pertama : Rp 49.625.000,-
·    Tahun Kedua : Rp 49.625.000,-
·    Anggaran Keseluruhan : Rp 99.250.000,-


7. Lokasi Penelitian :
Sekolah SMP N 1 Panti Jember, Jawa Timur

8. Temuan yang ditargetkan tahun ke-1 adalah mengadakan pengembangan media evaluasi pembelajaran matematika berbasis web dikarenakan belum adanya media evaluasi pembelajaran berbasis web di sekolah tersebut.
Hasil yang ditargetkan tahun ke-2 yaitu: keberhasilan dalam menerapkan media evaluasi pembelajaran matematika berbasis web di sekolah SMP N 1 Panti

9. Wahana Desiminasi :Sukamdinata, N.S, Metode Penelitian Pendidikan. 2008. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Metode penelitian ini adalah expositori, jenis penelitian pengembangan menurut Gall dan Brog.

10. Institusi yang terlibat dan peran yang diharapkan
      Sekolah :
1.    SMP N 1 Panti Jember
2.    Universitas Muhammadiyah Jember
 11. Keterangan Lain yang dianggap perlu:
Salah satu pesatnya teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan yaitu Learning Management System (LMS). Learning Management System (LMS) didefinisikan sebagai sistem yang didesain untuk memfasilitasi para guru/dosen dalam mengelola pembelajaran di sekolah/universitas bagi siswa /mahasiswanya, terutama dalam membantu guru/dosen dan pelajar dengan administrasi perkuliahan. Sistem ini berjalan di sebuah server terpusat (centralized server) dan dapat diakses lewat internet (ataupun jaringan lokal) oleh mahasiswanya (Agustiawan, 2009).
Salah satu yang terkenal dari software LMS adalah Moodle. Sebuah program CMS (course management system) yang sangat terkenal  untuk  membangun e-learning. Martin Dougiamas pendiri software e-learning bernama Moodle. Moodle adalah sebuah paket perangkat lunak yang berguna untuk membuat dan mengadakan kursus/pelatihan/pendidikan berbasis internet. Moodle diberikan secara gratis sebagai perangkat lunak open source. Meski memiliki hak cipta, pengguna Moodle tetap diberikan kebebasan untuk mencopy, menggunakan, dan memodifikasinya. Moodle dapat langsung bekerja tanpa modifikasi pada Unix, Linux, Windows, Mac. Moodle merupakan akronim dari Modular Object Oriented Dynamic Learning Enviroment (Prakoso, 2005:13).
Hot Potatoes merupakan tool untuk membuat Bank Soal. Program Hot Potatoes terdiri atas enam program yang dapat digunakan untuk membuat materi pengajaran secara interaktif berbasis-Web. Hot Potatoes dapat digunakan secara bebas oleh institusi pendidikan. Program ini dapat diperoleh melalui situs http://hotpot.uvic.ca atau http://www.halfbakedsoftware.com (Subari, 2008)

12. Kontribusi Penelitian
Gabungan software Moodle dan Hot Potatoes dapat membangun sistem ujian online yang relatif lebih nyaman dari pada ujian dengan cara konvensional. Siswa tidak perlu repot-repot menulis pada lembar jawaban, siswa tinggal klik pada jawaban yang dianggap benar dan pengoprasian yang cukup mudah. Sebelumnya siswa harus login memasukkan password dan nomor ujian mereka, setiap siswa akan mendapatkan soal pilihan ganda, soal teka teki silang, soal penjodohan, soal esay ompong, dan terakhir soal penyusunan kata, total 40 soal sama secara random memungkinkan soal trsebut teracak susunannya, dengan sistem ini siswa akan lebih sulit untuk mencontek. Ujian online ini dilengkapi durasi waktu berjalan mundur untuk lebih efektif, jika waktu sudah habis media ini langsung akan merekap sekor yang telah dikerjakan oleh siswa.

II. Substansi Penelitian
ABSTRAK
Pesatnya teknologi informasi dan komunikasi di masa kini menuntut pendidikan untuk ikut andil dalam mengembangkan media pembelajaran. Salah satu pesatnya teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia pendidikan adalah Learning Management System (LMS) yang didesain untuk memfasilitasi guru dalam manajemen pembelajaran jarak jauh (online). Salah satu aplikasi dari LMS yang cukup populer yaitu Moodle.
Moodle adalah sebuah paket perangkat lunak yang berguna untuk membuat dan mengadakan kursus/pelatihan/pendidikan berbasis internet. Moodle diberikan secara gratis sebagai perangkat lunak open source (di bawah lisensi GNU Public License). Artinya, meski memiliki hak cipta, Moodle tetap diberikan kebebasan untuk mencopy, menggunakan, dan memodifikasinya. Moodle dapat di peroleh di alamat http://moodle.org/download. Moodle merupakan akronim dari Modular Object Oriented Dynamic Learning Enviroment. Moodle memiliki modul dapat membuat kuis namun membuat kuis di Moodle cukup memerlukan ketelitian serta waktu. Ada cara cepat membuat kuis dengan menggunakan aplikasi bantu yang kemudian di import menjadi kuis di Moodle, jenis format yang mudah baik untuk mendapatkan aplikasinya maupun membuatnya yaitu : Hot Potatoes yang merupakan tool untuk membuat kuis dengan cepat dan mudah, terdiri dari lima program dan dapat digunakan untuk membuat kuis interaktif berbasis web, JQuiz, JMact, JCross, JCloze, JMix. Hot Potatoes freeware untuk pendidikan. Software ini dibuat oleh Research and Development team at the  University of Victoria Humanities Computing and Media Centre. Hot Potatoes dapat digunakan secara bebas oleh institusi pendidikan. Softwarenya ini dapat diunduh secara gratis dan perlu register di alamat http://hotpot.uvic.ca.
Salah satu usaha pengembangan media pendidikan adalah membuat media evaluasi pembelajaran matematika berbasis web. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah menghasilkan media evaluasi pembelajaran matematika berbasis web dengan pemanfaatan Hot Potatoes membuat Kuis di Moodle. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian dan pengembangan menurut Gall dan Brog, dengan metode pengumpulan data studi literatur, interview, dan angket. Penelitian ini melibatkan responden dari siswa, guru, dan designer. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif menggunakan rumus :
 

1 komentar:

Tulis pesan Disini